Tawuran Remaja Menjadi Hal Biasa, Tanda Rusaknya Generasi?

Ilustrasi

Author: Penulis Lepas

Oleh Jumaroh, S.E. 

Tawuran adalah perkelahian atau tindak kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok orang. Tindakan ini bukan hal yang dibenarkan. Apalagi sudah dilakukan oleh sekelompok remaja yang seharusnya masih dibawah pengawasan orang tua.

Dikutip dari Radar Bogor(30/06/2024), "Aksi tawuran antara geng motor kembali terjadi di wilayah Ciomas. Delapan pelaku di antaranya masih remaja"

Sedangkan di Surabaya, Polisi berhasil meringkus sejumlah remaja yang hendak melakukan tawuran dengan adanya barang bukti berupa senjata tajam. (IDN Times Jatim, 27/06/2024)

Aksi tawuran remaja ini terkadang bukan hanya adu ejek antar kelompok, tetapi dengan membawa senjata tajam berupa pedang maupun celurit.

Sungguh miris melihat generasi zaman sekarang yang jauh sekali dari akhlak generasi islam.
Seharusnya mereka masih sibuk belajar memperdalam ilmu agama justru sibuk berkelahi untuk hal yang tidak perlu.

Bahkan terkadang dijadikan sebagai konten di sosial media, sebagai alat mencari cuan.

Seperti yang terjadi di Jalan Basuki Rahmat (Bassura) Cipinang Jakarta Timur, tawuran dijadikan konten yang dimuat dalam live sosial media. (DetikNews, 30/06/2024)

Rusaknya pendidikan, sehingga remaja sekarang sudah berani melakukan berbagai macam cara untuk mendapat cuan.

Pentingnya peran keluarga dalam mengawasi anak ini semakin dipertanyakan. Dimanakah pengawasan orang tua yang seharusnya menjadi salah satu solusi untuk mencegah terjadinya tawuran ini.

Selain itu faktor ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya juga menjadi faktor pendorong lain terjadinya tawuran.

Terjadinya perbedaan dari salah satu faktor tersebut yang menimbulkan rasa iri dan dendam, sehingga menimbulkan tindakan saling ejek diantara keduanya.

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Janganlah ada saling dengki di antara kamu, janganlah ada saling bermusuhan di antara kamu, janganlah ada saling membelakangi di antara kamu, dan janganlah ada saling membenci di antara kamu. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara." (HR. Muslim).

Sudah jelas bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk bersaudara, disisi lain juga bahwa tawuran antar remaja sangat tidak mencerminkan generasi islam dan tanda rusaknya generasi Islam yang sangat jauh dari pendidikan Islam.

Padahal dalam pendidikan Islam jelas anak-anak diajarkan untuk selalu terikat dengan aturan Allah SWT dalam situasi apapaun.

Dan memahamkan bahwa tujuan hidup setiap Muslim adalah beribadah dan bermanfaat untuk umat.

*) Penulis adalah Jamaah Majelis Ta'lim Khoirunnisa Karawang

Editor: Ibnu